Test Kesehatan Penerimaan Siswa Baru SMK Theresiana Semarang

10Mar2013

Tahun ajaran 2013 / 2014 belum dimulai namun pendaftaran siswa baru di SMK Theresiana sudah lama dilaksanakan, banyak siswa siswa SMP dari seluruh penjuru Jawa Tengah mengikuti ujian saringan masuk yang dilaksanakan oleh SMK Theresiana, sebagai sekolah unggulan dalam program keahlian Farmasi, Farmasi Industri, Analis Kesehatan dan Patiseri., SMK Theresiana setiap tahun paling banyak diminati karena mayoritas lebih 90 % lulusan SMK Theresiana banyak diserap oleh lembaga lembaga perusahaan di bidang farmasi. Ditunjang dengan posisi sekolah yang sangat stategis terutama di kawasan Simpang Lima yang merupakan daerah sentra bisnis dan pusat perekonomian kota Semarang.

Setelah melalui serangkaian test tertulis dan wawancara SMK Theresiana juga menerapkan kebijakan untuk memeriksa kesehatan para siswa sekolah yang diterima dalam testt terdahulu. Testt ksehatan ini dlaksanakan pada hari Minggu 10 Maret 2013 bertempat di SMK Theresiana Kampung Kali Jl. Mayjend Sutoyo 69 Semarang. Tujuan test ini dimaksudkan bahwa siswa siswa SMK Theresiana kelak mempunyai dasar kesehatan dan spiritualitas yang memadai untuk mengenyam pendidikan berbasis farmasi yang membutuhkan kemampuan lebih dibanding pendidikan biasa.

Mengenyam pendidikan sekolah berbasis farmasi wajib membutuhkan kesehatan yang memadai, seperti membedakan warna, penglihatan, pendengaran, kesehatan gigi, ukur timbang/tinggi badan dan wawancara tambahan seperti nilai plus untuk menjalin kebersaman antara guru dengan siswa kelak jika sudah secara resmi mengikuti pendidikan. Proses pendidikan praktek di tempat laboratorium dibutuhkan sterilisasi agar laboratorium proses pembuatan obat tidak tercermar oleh virus yang dibawa oleh siswa.

Selain dilakukan test kesehatan para calon siswa juga langsung mengukur seragam, kelak nantinya sebelum masuk ke SMK Theresiana tidak perlu direpotkan oleh masalah masalah yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan kurikulum secara langsung.

Menurut Pak Dani Eko Prasetyo salah satu guru sebagai panitia penerimaan murid baru, prosedur penerimaan murid baru di SMK Theresiana sudah merupakan suatu bentuk tradisi, baik dari ujian saringan maupun test kesehatan karena diharapkan lulusan SMK Theresiana nanti tidak hanya mementingkan dari mutu lulusan namun juga mempunyai cakup sudut pandang yang luas tidak hanya dalam lingkup farmasi saja.

Bagi calon peserta yang tidak lulus Ujian Nasional SMP nanti dan sudah diterima di SMK Theresiana maka biaya pendaftaran dan lain lain dikembalikan penuh.

(yohank : 10/3/13-IT)