"back to nature" LOVERA drink

PDFPrintE-mail
03Jun2017
Last Updated on 03 June 2017 | Written by buank

Maraknya trend “kembali ke alam” (back to nature) membuat konsumen lebih memilih produk herbal dalam usaha peningkatan kesehatan. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh siswa SMK Theresiana untuk membuat dan mengembangkan produk minuman herbal dalam rangka melestarikan dan mengembangkan sumber daya alam khususnya tanaman obat yang keberadaannya sangat melimpah di Indonesia.

LOVERA Drink adalah produk minuman herbal ready to drink yang diproduksi oleh siswa SMK Theresiana Jurusan Farmasi  yang terbuat dari olahan daging daun lidah buaya yang dipadukan dengan sari akar alang-alang, sari jeruk nipis  dan daun pandan sebagai pewarna alami.

LOVERA merupakan minuman herbal yang memiliki banyak manfaat karena berasal dari bahan alam yang mengandung sejumlah senyawa organik yang penting bagi kesehatan. Akar alang-alang (Imperata cylindrica L.) mengandung senyawa terpenoid (Cylindrin), senyawa polifenol (Chlorogenic acid / CGA), senyawa flavonoid (Flavonol) yang berfungsi sebagai antihipertensi, mengurangi panas dalam dan antioksidan. Daging daun lidah buaya mengandung zat aktif diantaranya lignin, antrakuinon, vitamin A, B1, B2, B6, B12, vitamin E, vitamin C, mineral, asam amino esensial dan non esensial yang digunakan untuk mengatasi sembelit dan menurunkan kolesterol / lemak tubuh.  Sebagai pewarna alami digunakan daun pandan yang dapat memberikan warna hijau dicampur dengan perasan sari jeruk nipis yang mengandung vitamin C untuk menambah cita rasa minuman herbal ini. Vitamin C termasuk golongan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas ekstraseluler, selain itu vitamin C memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Perpaduan dari bahan-bahan alami tersebut membuat LOVERA Drink sebagai alternative kuliner herbal yang nikmat dan menyehatkan.

Minuman herbal ini sudah dipublish ke publik dan dijual di unit produksi SMK Theresiana “Granari Angkring”.