Minuman Herbal "JAKEMON"

PDFPrintE-mail
19Aug2016
Last Updated on 22 September 2016 | Written by buank

“Jakemon” (Jahe Kencur Lemon) merupakan minuman herbal yang diproduksi oleh siswa SMK Theresiana. SMK Theresiana Semarang yang mempunyai 4 jurusan yaitu Analis Kesehatan, Farmasi, Farmasi Industri dan Patiseri juga mengabdikan pelayanan kepada masyarakat , salah satu melalui produksi Jakemon.

Jakemon memiliki kandungan rimpang jahe, rimpangkencur dan sari lemon yang dapat digunakan sebagai minuman pelega tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang berkasiat sebagai obat batuk, rimpang jahe mengandung komponen  utama  berupa oleoresin  (4,0-7,5%),  yang  bertanggungjawab  terhadap  aroma  jahe  (minyak atsiri)  dengan  komponen  terbanyak  zingiberen  dan  zingiberol.Rimpang kencur mengandung saponin, flavonoida, polifenol, dan minyak atsiri yang secara farmakologi berkhasiat sebagai obat batuk, pengompresan bengkak, penambah nafsu makan dan juga sebagai minuman segar. Salah satu senyawa kimia yang bearkhasiat sebagai pelega tenggoropkan ialah Sineol.

 

Lemon mengandung sejumlah asam sitrat (3,7%), minyak atsiri (2,5%), 70% limoneme penine. Lemon juga mengandung potassium 145 mg per 100 g lemon, bioflavonoids, dan vitamin C 40-50 mg per 100 g. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Perpaduan dari bahan-bahan tersebut terbukti menjadikan Jakemon sebagai alternatif minuman herbal yang enak, segar dan menyehatkan.

Minuman herbal ini sudah dipublish ke publik pada 16 September 2015 “Launching Makanan dan Minuman Sehat JAKEMON “ dan dijual di Granari Angkring yang merupakan unit usaha/produksi dari SMK Theresiana Semarang. Untuk berita tentang launcing produk siswa klik link berikut.